SEKILAS INFO
: - Friday, 26-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / Pengumuman Penerimaan Peserta Didik SMK Negeri 4 Jeneponto Kelas X Tahun Ajaran 2023/2024 pantau informasi melalui Website Official Sekolah atau Datang Langsung ke SMKN 4 Jeneponto
Pembelajaran di masa Covid19
Bagikan melalui:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang di SMK Negeri 4 Jeneponto. Pada tulisan ini akan sedikit membahas mengenai kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid19.(kalau sudah baca judul jangan lupa sampai selesai)

Jadi kita mulai dari pertanyaan pertama dari Murid tercinta

 

Apa itu BDR pak?

BDR adalah singkatan dari Belajar Dari Rumah. Ini adalah kegiatan belajar baru yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Jeneponto sebagai salah satu upaya pelaksanaan pembelajaran untuk memastikan pemenuhan hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat COVID-19

 

Kenapa harus dilakukan BDR di SMK Negeri 4 Jeneponto?

Jadi alasannya karena faktor keselamatan dan kesehatan lahir batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR

 

Kenapa tidak libur kok malah harus BDR?

Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh tujuan materi/capaian kurikulum.

 

Gimana bisa konsen kalau belajar cuma dirumah?

Jadi begini adik-adik. Setiap aktifitas yang kita lakukan adalah sebuah proses belajar. Proses belajar tersebut tidak selamanya kalian pelajari hanya dikelas saat disekolah. Contoh Rini belajar cara menanam bunga dengan membaca buku budidaya tanaman dan wahyu membantu ayah menanam melati. Sebenarnya rini dan wahyu belajar mengenai topik yang sama mengenai budi daya tanaman. Jadi poinnya adalah mereka sama-sama belajar

 

Caranya belajar bagaimana kalau hanya dirumah?

Sistem pembelajaran menggunakan 2 cara. Pertama disebut Belajar secara DARING yaitu Pembelajaran jarak jauh Dalam Jaringan/online, menggunakan smartphone maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring
Yang kedua disebut Belajar secara LURING Pembelajaran jarak jauh Luar Jaringan/offline (Luring), menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar

 

Pusing pak, Coba dijelaskan DARING dulu pak?

DARING yaitu Pembelajaran jarak jauh Dalam Jaringan/online, menggunakan smartphone maupun laptop melalui beberapa portal dan aplikasi pembelajaran daring. Jadi selama belajar nanti kalian bisa mengikuti aktifitas/kegiatan belajar melalui Whatsapp Grup, Google Classroom, Rumah Belajar, Belajar Online dari Blog Guru. Selain itu dalam kegiatan belajar kalian juga bisa melakukan video conference untuk diskusi materi menggunakan zoom, webex, google meet dan aplikasi yang lain. Untuk absensi, pengumpulan tugas dan ujian pun akan dilakukan secara online.

 

Kalau LURING apa pak?

Pembelajaran jarak jauh Luar Jaringan/offline (Luring), bisa menggunakan televisi, radio, modul belajar mandiri dan lembar kerja, bahan ajar cetak, alat peraga dan media belajar dari benda di lingkungan sekitar. Pembelajaran ini dilakukan apabila arus informasi sangat susah semisal tidak ada sinyal untuk telepon atau SMS.

 

Jadi kami nanti belajarnya bagaimana pak? 

Berdasarkan pengalaman semester sebelumnya kita akan melaksanakan kegiatan belajar secara Daring. Jadi harus sering memantau aktifitas Grup WhatsApp, Website sekolah https://smkn4jeneponto.sch.id , maupun portal Sosial Media SMK Negeri 4 Jeneponto untuk informasi/pengumuman kegiatan sekolah.

 

Santai donk pak belajarnya cuma dari HP?

Ehm, jadi dalam setiap kegiatan belajar kalian harus membuat buku catatan pribadi sebagai ringkasan atau resume materi agar lebih memahami apa yang sudah dipelajari. Apabila ada tugas maupun ujian kalian harus melaksanakan dengan tanggung jawab. Ingat Emas tidak akan mahal dan mengkilat kalau tidak dipoles, jadi hasil belajar kalian juga ditentukan dari kemauan dan kerja keras kalian untuk bisa. Jangan lupa berdoa sebelum kegiatan belajar dimulai.

 

Kalau ada materi yang tidak dimengerti gimana pak? 

Kalian bisa menanyakan melalui kegiatan diskusi saat pembelajaran berlangsung. Silahkan menanyakan melalui Grup WhatsApp, komentar pada postingan materi atau mencari pada literatur tambahan di internet. Di perbolehkan juga bagi siswa berdiskusi dengan orangtua.

 

Nilai sekolah bagaimana juga pak?

Nilai kalian diperoleh dari kegiatan belajar yang telah dilaksanakan seperti tugas, kuis online, ujian online dan juga kehadiran dan keaktifan dalam diskusi.

 

Saya gaptek pak kalau pakai aplikasi-aplikasi androit?

Tenang Bapak Ibu Guru siap membantu apabila siswa mengalami atau menjumpai permasalahan. Ingat kalian tidak sendiri. Ini ibarat pertandingan sepak bola, kalian sebagai pemain bola dan guru menjadi pelatih. Kita memiliki tujuan yag sama yaitu menjadi juara.

 

Saya malu pak saya biasanya bodoh kalau dikelas apalagi online begini?

Tenang saja. tidak ada seorang anak yang bodoh. Setiap masing-masing kalian memiliki bakat dan kemampuan sendiri. Hanya memang setiap kemampuan berbeda dan keahlian itu perlu diasah. Pernah ada cerita dari Albert Einstein mengenai seekor ikan yang ditertawakan karena tidak dapat memanjat pohon, bukan ikannya yang bodoh tetapi yang menertawakan dan meminta seekor ikan untuk memanjat pohon itulah hal yang tidak benar. Sel saraf otak manusia masih terus bertumbuh dan struktur otak berubah sesuai dari apa yang telah dialami. Melalui latihan,
sambungan sel saraf otak bisa berkembang menjadi makin efisien dan cepat. Jadi kalian hanya perlu berusaha dengan giat agar kemampuan dan keahlian kalian meningkat.

 

Sebelum sesi ini ditutup silahkan meyakinkan diri untuk menjadi pribadi bagian dari SOLUSI, karena masing-masing dari kalian adalah masadepan kami. Apapun kondisi yang terjadi tetap beradaptasi untuk menjadi pribadi yang terbaik suatu saat nanti.

Salam

Hadiasa Ultawisena S.Pd

 

Source Foto:(Edi Wahyono-detikcom)

Data Sekolah

SMK Negeri 4 Jeneponto

NPSN : 40312507

JL. Tanatoa Desa Kalimporo
KEC. Bangkala
KAB. Jeneponto
PROV. Sulawesi Selatan
KODE POS 92352
TELEPON -
FAX -
EMAIL smk4jeneponto@gmail.com

Categories